Blogging: Menuliskan Gagasan Pemikiran Asli Anda

Sejak pertama kali blog diluncurkan, hingga saat ini, ada satu hal yang tidak pernah berubah yang terus berjalan seiring dengan waktu. Keaslian hasil karya tulis seseorang adalah hal yang dimaksudkan. Bagi seorang blogger professional, membedakan tulisan seseorang antara yang asli dengan yang imitasi, mungkin tidak akan sulit. Akan tetapi, bagi sebagian besar blogger, hal itu tidak tampak sebagai suatu hal yang salah.

Aneh memang, di dunia nyata ini penuh dengan kepalsuan, begitu pula dunia internet. Orang-orang lebih suka memposting tulisan orang lain pada blog sendiri, ketimbang menjadikan blog pribadi tersebut sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan menulis sendiri. Hal ini adalah fakta, para blogger lebih menjadikan aktivitas blogging sebagai lahan untuk mengeruk dollar ketimbang mengasah kemampuan inti yang patus dimiliki oleh seorang blogger.

Secara alamiah, seorang blogger ingin dikenal oleh lainnya, dikenal karena keabsahan pemikirannya. Akan tetapi, kenyataannya, sebagian besar blogger lebih suka dikenal karena menjadikan dirinya sendiri sebagai pengikut dari blogger lainnya. Mereka takut untuk berjalan pada haluannya, mereka lebih suka berada di antara kerumunan daripada mencetuskan suatu pemikiran baru yang menggugah blogger lainnya.

Sebagai blogger entah amatir maupun profesional, kita sepatutnya malu karena kita mencetuskan sebuah blog, akan tetapi isinya penuh dengan kepalsuan yang tidak mencerminkan gagasan pemikiran kita yang asli. Sebagai seorang blogger, sudah sepatutnya kita menerapkan etika-etika yang memang harus dijunjung tinggi oleh seorang blogger. Menjadikan diri sebagai contoh bagi yang lainnya, bukan terus berada di antara kerumunan yang tidak jelas maksud dan tujuan melakukan aktivitas blogging, selain berorientasi pada uang.

Menjadi blogger adalah suatu pilihan bukan keterpaksaan karena himpitan kondisi keuangan, karena mengejar dollar atau lainnya. Menjadi blogger merupakan tujuan mulia untuk menyebarluaskan pengetahuan demi kebaikan umat manusia yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Itulah tujuan murni yang begitu mempesona, tapi sulit dilakukan.

Sebagai blogger, kita perlu memulai mengembangkan diri untuk menuliskan buah pemikiran yang asli yang benar-benar mencerminkan siapa diri kita sesungguhnya, mencari uang dari blogging tidak ada salahnya. Akan tetapi, tidak mengembangkan kemampuan berpikir dan menulis, jelas merupakan hal yang menyedihkan dan patut dikoreksi. Mari kita renungkan, apakah kita pantas disebut sebagai seorang blogger sejati?




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: