SurayBlog: Situs Pribadi dalam Bahasa Inggris

Entah kenapa aku sangat suka sekali menggunakan nickname Suray, hampir semua pengunjung situs blog aku di Suray’s Words mengira kalau aku adalah orang India, setidaknya ada keturunan orang India. Mengingat hal ini, aku suka tertawa dalam hati. Tapi, masa bodoh dengan apa kata orang. Aku suka dengan nama ini, aku mau menjadikannya sebagai ikon yang membuat orang sulit untuk melupakan Suray.

Waktu pertama kali membuat situs blog ini, dan memang SurayBlog merupakan situs blog paling pertama yang aku miliki, yang aku isi dengan kontent bahasa Inggris. Padahal sebenarnya aku ngak fasih amat berbahasa Inggris, tapi memberanikan diri tidak salah kan???

Yang pertama kali menggagaskan supaya aku memiliki sebuah situs blog pribadi adalah Mr. Andrastudio.com. Rekan satu kantor yang juga seorang web designer. Thanks bro, elo udah mau bantu teman elo yang bloon ini. Terus terang aku belajar banyak dari dia, sebetulnya pada awalnya aku ingat kalau dia pernah bilang “Ilmu itu Mahal” makanya dia lumayan pelit. Tapi aku yakin, dia tipe orang yang lain di mulut lain di hati. Sebenarnya dia sangat menjunjung tinggi “Knowledge is for Free”, dia suka share kok buat orang yang ingin belajar dan serius dengan aktivitas belajarnya.

Wajar aja waktu pertama kali, dia masa bodoh dengan orang lain, tapi memang, banyak penulis open source di internet telah membuka matanya. Kalau setiap orang di Indonesia pelit ilmu, jangan harap pernah bisa mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia terhadap orang-orang luar negeri yang udah maju dalam segi open source. Toh, share sedikit ilmu ngak akan membuat seseorang mati kelaparan. Terus terang orang seperti ini, yang suka dan mau berbagi knowledge, adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya, dalam arti harafiahnya. Beliau adalah guru yang patut digugu dan ditiru.

Saya ingat sekali aku mulai blogging di Blogger dengan pengetahuan yang minim tentang kode HTML dan segala tetek bengeknya. Aku hanya bisa menulis, menulis, dan menulis. Atas saran dari Mr. Andrastudio.com, aku membuat postingan dengan tema puisi, judulnya Crying For Our Destiny. Ketika menyelesaikan satu postingan, hampir sebulan lebih aku ngak pernah update isi situs Suray’s Words – SurayBlog itu, hingga suatu hari ada seorang member dari PintuNet yang mampir di situs aku dan mengemail aku, dia mengatakan kalau situs aku kok tidak ada isi profilenya, dia jadi bingung.

Aku ngak heran, karena aku ngak ngerti cara mengkustomisasi Suray’s Words – SurayBlog, kalau saja aku mengerti mendalam tentang dasar design web, jangan pernah berharap aku melakukan start awal dengan situs domain dan hosting gratisan. Tapi, kenyataan demikian, dan aku merasa aku masih punya waktu untuk belajar, aku tidak pandai dalam mendesign web karena aku tidak tau tekniknya, tapi aku bukan orang bodoh yang tidak bisa pandai setelah berlatih beberapa kali.

Keberadaan SurayBlog bukan sebagai alat pamer kemampuan bahasa Inggris, hanya sebagai wadah penyaluran hobi saja. Kini setelah sekitar 4 bulan berlalu, aku banyak memahami seluk beluk seorang webmaster, meski hanya untuk kulit-kulit. Minimal aku sudah bisa memodifikasi rancangan template blogspot, membuat dan mengkustomisasinya. Hampir sebagian besar aku usahakan dengan keringat jerih payah setiap hari selama berjam-jam duduk di depan komputer, sebagian lagi dibantu Mr. Andrastudio.com.

Pada kesempatan ini aku juga harus berterima kasih pada Mr. Henk-Henk. Kalau bukan karena dia, mungkin aku ngak pernah belajar blogging. Dia berkata, “Jangan cuma bengong aja di depan komputer, tuh… belajar sama koko elo (si Mr. Andrastudio.com)”. Sebenarnya Mr. Andrastudio.com bukan kakak sepupu ato angkat apalagi kandung. Tapi kebetulan, aku paling muda di kantor, jadi aku dipaksa manggil “Koko” ama mereka, Mr. Henk-Henk dan Mr. Andrastudio.com.

Kedepan, aku belum mau beli nama domain sendiri (mungkin nanti kali), aku penasaran, kata orang domain blogspot.com kurang gengsi, karena gratisan. Aku pingin buktiin, domain gratisan juga bisa terkenal dan yang pasti aku akan melakukan segala daya upaya membuat setiap orang ingat akan kata “Suray – Suray’s Words – SurayBlog”. Karena aku menaruh secerca harapan pada Suray’s Words – SurayBlog


  1. Suray is a unique name…tidak keciri orang indonesianya.hehe..Blog aku pakai bahasa inggris.www.indoprotech.com…..mampir yah…




Tinggalkan Balasan

